Globalisasi di bidang politik

Globalisasi di bidang politik

“Globalisasi”? Jika ditelusuri lebih jauh berdasarkan bahasa, kata “globalisasi” berasal dari bahasa inggris “globalization” yang diambil dari kata “global”  yang mempunyai arti keseluruhan atau universial.


Macam-macam pengertian Globalisasi dari ahli internasional
Dampak globalisasi sangatlah penting untuk kemajuan sebuah bidang terutama di bidang pendidikan, jika keadaan tidak baik pada fungsi sosialisasi politik memungkinkan untuk mengubah semua bentuk-bentuk negara dan sistem mengikuti globalisasi, kita bisa memulainya dari memperbaiki fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan (sekolah atau universitas) di seluruh Indonesia lalu pelan-pelan bisa menyiapkan tenaga pendidik yang bersertifikat. Sehingga jika hal tersebut dilakukan tahap demi tahap maka bisa dipastikan seluruh masyarakat Indonesia mampu menerima perubahan tersebut.
  • Edison A. Jamli dkk
Sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.
  • Emanuel Ritcher
Suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dimana mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling memiliki ketergantungan dan mampu mewujudkan persatuan dunia.
  • John Huckle
Suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.
  • Laurence E. Rothenberg
Percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.
Tidak memungkiri bahwa dengan adanya Globalisasi, pengetahuan dan informasi bisa di dapatkan dengan sangat baik pada peranan lembaga peradilan. Bahkan sejak adanya Globalisasi jarak antar negara dan benua pun menjadi sangat dekat. Bisa dibilang berkat adanya Globalisasi, sekat-sekat geografis sudah tidak ada. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk masyarakat di seluruh dunia di berbagai bidang. Langsung saja kita bahas apa saja sih dampak-dampak positif maupun negatif atas Globalisasi di aspek ekonomi, aspek pendidikan dan aspek politik.


Globalisasi dalam bidang politik 
Tahukah kamu bahwa pengaruh globalisasi tidak hanya dibidang pendidikan, ekonomi, budaya-sosial. Bidang politik juga merasakan betapa besarnya pengaruh sistem peradilan di Indonesia dalam globalisasi di dalam struktur kerja maupun lingkungan politik. Sebut saja “politik global”, politik global merupakan salah satu contoh nyata hasil pengaruh globalisasi. Politik global biasa dikenal dengan permainan catur untuk merebutkan kekuasaan, karena dalam dunia politik kekuasaan merupakan kekuatan terbesar untuk menguasai dunia.
  • Politik global ini juga melibatkan berbagai pihak seperti banyak negara, lembaga internasional dan kelompok politik tertentu.
  • Politik global ini juga tidak segan-segan melakukan pertempuran militer seperti pertempuran-pertempuran di Israel dan Iraq, pertempuran itu semua bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan demi mendapatkan sebuah kekuatan untuk mengusai dunia.
  • Selain itu,  kita bisa belajar dari pemilihan presiden Amerika Serikat. Pelaksanaan presiden Amerika Serikat yang disiarkan di seluruh dunia membuat negara lainnya menilai dan memperhatikan sehingga bisa menciptakan peluang baru yang timbul dari kekurangan proses pemilihan presiden Amerika Serikat.
  • Peluang baru tersebut digunakan untuk pelaksanaan demokrasi politik di negara lain yang lebih baik.
Disamping itu, globalisasi politik ini membuat sistem pemerintahan harus terbuka, karena dengan adanya pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia dalam perkembangan IPTEK, rakyat bisa mengetahui lebih dalam mengenai hak-hak dan kewajibannya. Sehingga peran rakyat kini bukan hanya sekadar rakyat tapi juga berperan sebagai pihak yang menentukan seperti apa pemimpin, seperti apa sistem pemerintahan. Positifnya, keikutsertaan rakyat dalam menentukan pemimpin dan pemerintah bisa menjamin 80% bahwa proses pemerintahan dijalankan secara jujul, bersih, adil dan demokratis.

Dampak Positif Globalisasi dalam bidang politik
  1. Terbentuknya sistem politik negara, seperti contoh yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki politik bebas aktif, bebas mempunyai arti tidak memihak suatu pihak atau blok sedangkan aktif mempunyai arti aktif dalam berbagai kegiatan internasional (menjadi bagian dari PBB dan lain sebagainya)
  2. Semakin kuatnya peraturan perundang-undang yang bermanfaat bagi masyarakat, karena dengan adanya globalisasi semua peraturan ditetapkan secara diskusi
  3. Semua individu bisa menuntut hak-hak dan kewajibannya
  4. Dengan adanya globalisasi, kerjasama antar negara menjadi lebih mudah dan cepat
  5. Globalisasi juga mampu meningkatkan hubungan diplomatik antar negara satu dengan lainnya
  6. Globalisasi menjadi salah satu wadah untuk ikut serta berpartisipasi dalam politik perdamaian dunia.
Sekian penjelasannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi KKN(Korupsi,kolusi,nepotisme)

Sejarah olahraga bola basket

Jenis-jenis iklim di dunia