Gerhana matahari di dunia

Gerhana matahari di dunia

Apa itu gerhana matahari?          



Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Jenis-jenis gerhana matahari
Gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu:
  • Gerhana total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
  • Gerhana sebagian, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
  • Gerhana hibrida, bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

Daftar fenomena gerhana matahari di dunia

  • 26 Februar1 2017 (Gerhana Matahari Annular) Gerhana matahari annular atau tak tertutup sempurna alias gerhana matahari cincin pada kali ini, terjadi di bagian selatan dari benua Amerika, yaitu di bagian selatan Chile dan Argentina.
Lalu gerhana matahari menyebrang melalui Samudera Atlantik hingga ke benua Afrika, yaitu di negara Angola, Afrika tepatnya di barat daya kota Katanga.
Sedangkan gerhana matahari sebagian akan terlihat di beberapa wilayah bagian selatan dari benua Amerika dan juga di sebagian kutub selatan yaitu Antartika, lalu menyeberang ke bagian barat dan selatan Afrika.
  • 21 Agustus 2017 (Gerhana matahari total)     Kali ini terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) di wilayah Amaerika Serikat.
Gerhana total akan terjadi di wilayah Oregon, Idaho, Wyoming, Nebraska, timur laut Kansas, Missouri.
Lalu di wilayah selatan Illinois, bagian barat Kentucky, Tennessee, Southwestern North Carolina, timur laut Georgia dan di South Carolina.
Sedangkan gerhana matahari sebagian terlihat di Amerika Utara, Hawaii, Greenland, Iceland, kepulauan British Isles, Portugal, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, bagian utara dari Amerika Utara, dan semenanjung Chukchi.
  • 15 Februari, 2018 (Gerhana Matahari Partial)
Gerhana Matahari Partial adalah Gerhana Matahari Sebagian. Pada kali ini terjadi di Antartika dan bagian selatan dari Amerika Selatan.
  • 13 Juli 2018 (Gerhana Matahari Partial)
Gerhana Matahari Sebagian ini terjadi di bagian selatan Australia, daerah Victoria, Tasmania, Samudera Hindia, dan di daerah pantai Budd Coast.
  • 11 Agustus 2018 (Gerhana Matahari Partial)
Gerhana Matahari Sebagian ini terjadi di bagian selatan Kanada, Greenland, Iceland, Lautan Arctic, Scandinavia, bagian utara kepulauan British Isles, Russia, dan utara benua Asia.
  • 6 Januari 2019 (Gerhana Matahari Partial)
Gerhana Matahari Sebagian ini terjadi di bagian barat laut Asia, tenggara Alaska, dan di kepulauan Aleutian Islands.
  • 2 Juli 2019 (Gerhana Matahari Total)               Kali ini terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) di wilayah benua Amerika Selatan, yaitu di wilayah tengah Argentina dan Chile, serta di wilayah kepulauan Tuamotu.
Sedangkan Gerhana Matahari Sebagian akan dapat dilihat di selatan benua Amerika.
Juga di beberapa kepulauan Pasifik yaitu di kepulauan Easter Island, kepulauan Galapagos Islands.
Lalu gerhana matahari total yang terlihat sebagian ini bergerak ke arah timur menuju ke selatan dari benua Amerika bagian tengah dan kepulauan Polynesia.
  • 26 Desember 2019 (Gerhana Matahari Annular)                                                           Gerhana matahari annular atau tak tertutup sempurna alias gerhana matahari cincin pada kali ini, juga terjadi di sebagian wilayah Indonesia.
Gerhana annular ini berawal atau terjadi di bagian timur laut Saudi Arabia, Bahrain, Qatar, United Arab Emirates, Oman dan Lakshadweep.
Kemudian Gerhana Matahari Toptal ini bergerak terus ke timur melalui bagian selatan India, Sri Lanka, bagian utara Sumatra, bagian selatan Malaysia, Singapura, Kalimantanbagian tengah Indonesia, Palau, Micronesia dan Guam.
Sedangkan Gerhana Matahari Sebagian terjadi di sebagian negara Asia, bagian barat Melanesia, barat laut Australia, sebagian Timur Tangah dan timur Afrika.

Demikianlah penjelasan tentang gerhana matahari, semoga menambah wawasan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengatasi KKN(Korupsi,kolusi,nepotisme)

Sejarah olahraga bola basket

Jenis-jenis iklim di dunia